TUGAS KULIAH " MAKALAH BISNIS PLAN "

Diposting oleh Maissya Star 2 komentar Link ke posting ini

RENCANA BISNIS
“MARTABAK MANIS MINI”



                                         

Disusun Oleh :
SITI MAISAROH
(11-160-0112)





UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
EKONOMI AKUNTANSI 2011

I. LATAR BELAKANG

          Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani dan juga pasti perlu memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat buat tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik dikonsumsi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewah dipandangan masyarakat.
Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat,dan lezat.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis” untuk dijualnya karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia,karena makanan ini merupakan makanan selingan dan baik untuk dikonsumsi
.









                          

TUJUAN :
                           Tujuan saya memilih usaha ini yaitu :
1.                     Mencari keuntungan
2.                     Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan kami
3.                     Mencapai target penjualan




KEUNGGULAN PRODUK
                    Keunggulan dari produk ini yaitu:
1.                     Memiliki berbagai macam – macam bentuk
2.                     Memiliki berbagai macam – macam rasa
3.                     Bahan produk yg higenis











ANALISA SWOT
 
         Setiap kegiatan untuk memulai usaha, saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing,yaitu melalui analisis SWOT :

 1. Strength (kekuatan)
Kekuatan dari produk ini ialah :
1. Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
2. 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
3. Bahan produk yang terjamin dan higienis.

2. Weakness (kelemahan)
Kelemahan dari produk ini ialah :
1. Tidak dapat taham lama.
2. Produknya mudah ditiru.
3. Opportunity (peluang)

Peluangnya ialah :
1. Tempat strategis.
2. Fasilitas yang cukup memadai.
4. Threath (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tida terlalu mahal.







ANALISA 4P

1. Product (produk)
Produk yang dijual adalah “Martabak Manis” yang merupakan makanan selingan sehari-hari

2. Price (harga)
Harga perporsi Rp.12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relative murah.

3. Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.

4. Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di Giant Kalibata, Jl Kalibata lantai II (dua) karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).











ASPEK KEUANGAN

1. Aspek Modal

- Bahan Baku :
1. Terigu 2 Kg                                              : Rp. 14.000
2. Telur 1 Kg                                                            : Rp. 12.000
3. Gula pasir 1 Kg                                       : Rp. 10.000
4. Air                                                              : Rp. -
5.Garam                                                       : Rp. 2.000
6. Soda kue                                                  : Rp. 3.000
7. Blue band                                                            : Rp. 5.000
8. Pewarna kuning                                                : Rp. 3.500
9. Fermipan (pengembang soda)          : Rp. 3.500 + Rp. 53.000
- Bahan Taburan :
1. Kacang tanah ½ Kg                                : Rp. 5.000
2. Meises                                                      : Rp. 5.000
3. Keju                                                           : Rp. 11.000
4. Susu kental manis                                 : Rp. 7.000
5. Wijen                                                        : Rp. 5.000 + Rp. 33.000
- Bahan Baku Tambahan :
1. Kardus                                                      : Rp. 5.000
2. Piring plastic                                           : Rp. 8.000
3. Garpu                                                       : Rp. 7.000
4. Pisau                                                         : Rp. 5.000 + Rp. 25.000
- Modal
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut
Rp. 53.000 + Rp. 33.000 + Rp. 25.000 + Rp. 500 = Rp.111.500



Perhitungan Keuntungan

Harga jual                                           : Rp.12.000 x 40 porsi = Rp.480.000
Harga Pokok Produk perunit          
Harga beli bahan baku                     : Rp.2.150
Harga beli bahan tambahan            : Rp. 625
Ongkos angkut                                  : Rp. 500 + Rp.3.275
Jumlah Hpp                                        : Rp.3.275 x 40 porsi = Rp.131.000 –
Laba kotor                                          = Rp.349.000
Biaya penjualan :
Biaya pembuatan brosur                 : Rp.30.000
Biaya transportasi                             : Rp.30.000
Biaya sewa tempat                           : Rp.25.000
Biaya listrik dan air                           : Rp.10.000
Biaya komunikasi                              : Rp.20.000
Biaya lainnya                                     : Rp.10.000 + = Rp.125.000 –
Laba bersih                                        = Rp.224.000

Perhitungan margin keuntungan
Rp.224.000 x 100% = 46,66 %
Rp.480.000

Penjualan
- Asumsi penjualan tahap awal adalah rata – rata 150 orang setiap harinya yang berkunjung untuk 3 bulan pertama.

Produk Mix
- Manajemen berasumsi bahwa 80% konsumen akan membeli rangkaian produk martabak dan 50% membeli kudapan – kudapan lainnya.

Gaji
- Manajemen akan membayar gaji manajer toko atau kedai penuh waktu Rp. 36.000.000,- per tahun. Karyawan paruh waktu akan digaji sebesar Rp. 700.000,- per bulan.
PENUTUP

             Harapan saya untuk produk “ Martabak Manis “ ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Di samping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.

JACOB.... KOPERASI.....GRASCO....

Diposting oleh Maissya Star 3 komentar Link ke posting ini
Assalamualaikum…
“Ketika Q udah lulus skul lega bangetz dech rasanya ternyata usahaku slama ini gag sia-sia n Alhamdulillah bangetz meski tanpa  ikut les-lesan  seperti temen-temenku yg lain.ya selain jauh juga mahal Q kasihan ma ortu meski sebanarnya  pengen bangetz ikut truz untuk mengatasi hari unas Q putuskan untuk membeli buku unas aja di toga mas oh ternyata sama aja kayak les hanya saja klo  ada  yang kurang kumengerti Q nanya temen-temenku yang les,lulus dengan  nilai unas yg memuaskan tentu harapanku dari awal semua berjalan lancar meski tak selancar keinginanku….
Yupz,Sebenarnya Q udah punya rencana untuk melanjutka cita-citaku  namun  saying harus tertunda karena kegagalanku mengikuti SPMB diawal bulan kulanjutkan niatku  untuk mencari perguruan tinggi swasta nasional saying sekali Q sangat kecewa karena ternyata masih tingginya dana perkuliahan dan tabunganku kurang,ingetz banget rasa putus asa,kecewa,sedih menghampiri malam-malamku.berlarut-larut dalam kesedihan atas kekecewaan yang Q alami mungklin ada hikma dibalik ini semua kurasa seperti itu,ini bukanlah akhir dari kegagalanku melainkan justru dari awal perjuanganku…ya itulah tekad yg membara di hatiku saat itu sepahit apapun Q percaya ini takkan menghapus cita-citaku Q harus semangat berjuang…
          Kuputuskan untuk mencari pekerjaan sembari bisa menabung untuk kuliahku tahun depan ternyata mencari pekerjaan susah juga setelah memasukkan beberapa lamaran pekerjaan Alhamdulillah Q akhirnya bekerja di sebuah pabrik biscuit,awalnya Q down gak nyangka seberat itu disana mentalku benar-benar diuji mulai dari pergaulannya,bahasanya serta moral para pegawainya kutemukan berbagai karakter disana banyak sekali teman-teman sebayaku yang berasal dari berbagai desa mereka lugu-lugu polos sekali meski begitu mereka sangat santun lagi-lagi kutemukan hikma disana banyak sekali anak-anak yang kurang beruntung dari Q mereka selalu menegarkanku saat-saat Q dicemoh hal-hal yang seharusnya tak pernah kudengar dari  mulut-mulut sang pengawas,air mata tertekan dari sebuah pabrik yang tak pernah kuinginkan keberadaanku disana namun itulah realita hidupku meski begitu Q tak pernah mengeluhkan hal itu kepada ortu-ku kudapatkan teman-teman yang lebih menghargai cinta dan ketuluhan hati dari mereka meski mereka sederhana namun terasa istimewah memiliki mereka ya Q bahagia memiliki mereka selama 3 bulan kami saling berbagi cerita ternyata keinginan merka cukup bijak juga,kami semua ingin melanjutka kuliah tuk menggapai cita-cita namun keadaan mempertemukan kami Q merasa beruntung bisa fokus menabung namun mereka… rasanya terlalu perih mengabaikan cita-cita yang terpendam hanya karena ternyata mereka tulang punggung keluarga,perih sekali rasanya meski ku coba menyemangati mereka Alhasil usahaku si-sia mereka lebih mencintai keluarganya hingga kami lulus sebagi ST (sarjana packing)hehe… kami mengakhirinya karena masa kontrak telah habis ya dengan berat hati ku lepaskan teman-teman sederhana yg penuh cinta itu,
          Usai lebaran ku putuskan mencari pekerjaan lagi dan terus bersemangat mengejar mimpiku hingga Q bekerja lagi sebagai Administrasi di koperasi awalnya kufikir Q akan bertahan disini hingga kudapati universitas baru ternyata sambil bekerja Q sempatkan membawa buku-buku ku ke kantor hingga ku temukan sebuah hadist yang menyatakan bahwa hokum riba itu dilarang,Allah membenci bahkan melaknat orang-orang yang terlibat dengan perasaan was-was dan tanda Tanya yang mengusik pemikiranku ku akhirnya kuputuskan untuk bertanya pada guruku beliau awalnya juga mengetahui namun tak seceroboh itu beliau menanyakan lagi pada ahlinya hingga hari-hari penuh was-was kunantikian jawaban dari guruku tiba beliau menyarankanku untuk berhenti dan mencari pekerjaan yg lebih baik lagi halal Q sama sekali tidak kecewa dengan saran guruku hanya Q berfikir apa yang akan Q katakana pada ortu Q,tak mungkin rasanya mereka mau menerima alsan itu hingga Q berusaha meyakinkan mereka dan Q pun  keluar dari pekerjaan itu sembari berdo’a agar Allah memberiku pekerjaan yg Allah ridho’o’I
Setelah Q risent dari kantor langsung kutekatkan diriku tuk mencari kerja lagi selama 2 hari sudah kutemukan jawaban atas do’aku  Q diterima di sebuah kantor sederhana hari itu juga Q interview dan langsung bekerja keesokan harinya ya disaat itu Q semangat sekali ternyata disini teman-temannya pelajar juga,mereka baik juga sayangnya Q sering melakukan kesalahan-kesalahan atas prosedur yang belum Q pahami ya itulah lagi-lagi pelajaran mental yang kudapatkan  dari pengalaman-pengalaman kerjaQ yg bervariasi,disni di kantor ini Q temukan teman-teman yg dewasa,menghargai Q serta sejanak membuatku lupa akan kesedihanku hnya saja Q merasa mengecewakan si bos atas kerjaan yg Q lakukan mereka tetap selalu menyemangatiku Q bahagia berteman dengan mereka entahlah Q merasa tidak layak ada disini Q harus melanjutkan perjalanan hidupku tuk menggapai cita-citaku ya mimpi-mimpi yang selalu Q harapkan akan terwujud terima kasih kawan atss kehadiranmu yang selalu menegarkan Q serta menghiasi tawaku dalam kejenuhan batinku,Entahlah akankah keinginan serta harapanku terwujud atau justru sebaliknya yg jelas Q tekankan pada diriku bahwa Q PASTI  BISA  DAN HARUS BISA meski air mata harus mengaliri hidupku,meski tawa terasa sesaat,meski semua terasa mustahil,meski mereka meremehkanku,mencemohku bahkan memusnakan citaku Q percaya kelak akan ada hari dimana Q akan mengukir kebahagiaan,tawa haru  atas semua yg terjadi Q yakin Allah akan menuntunku … Q tidak sendiri,Q akan terus berjuang  Q HARUS SEMANGAT HARUS BISA BAHKAN PASTI  BISA.



Thanks For God and All MY friends
I ‘m happy can meet with you
By: maissya star

TIPS UNTUK SANG PEMBOROS DOLLAR

Diposting oleh Maissya Star 0 komentar Link ke posting ini
Uang memang hal yang sulit untuk dijaga mengingat kebutuhan manusia yang begitu banyak dan takkan pernah terpuaskan selama nafsu tidak bisa dikendalikan,hanya  dengan rasa syukur sajalah kita bisa mengatasinya,So beruntunglah orang-orang yang bisa mengendalikan nafsunya,hehe... langsung aja ya....
  • Buat Daftar Kebutuhan,yang ini kamu harus mengklarifikasikannya apakah itu kebutuhan primer,sekunder dan tersier,gunakan uang kamu seperlunnya saja ingat ada kebutuhan lainnya.
  • Membayar Kewajiban/Utang,setelah seluruh uang kamu gunakan  sisakan untuk hal yg satu ini,berusahalah berprinsip dalam berhutang untuk "lebih cepat lebih baik" ya biar hati kita tenang tanpa hutang
  • Menabung,jangan pernah kamu biarkan dirimu hidup tanpa tabungan sekecil apapun itu menabunglah karena masa-masa kritis takkan diduga-duga menyerang siapapun
  • Abaikan hal-hal yang kurang bermanfaat,sebelum anda membeli sesuatu pikirkan apakah benda itu benar-benar anda butuhkan ? jika tidak sebegitu penting abaikan
  • Belanja dg catatan,jangan malu untuk membawa catatan mini saat berbelanja karena itu akan sangat bermanfaat dan segera tinggalkan tempat belanja anda sebelum nafsu anda bergejolak melihat barang-barang yang takkan pernah ada habisnya seperti "berlari tanpa finish"
Ok,sob jika ada yang ingin menambahkan silahkan....
jangan lupa untuk mengumpulkan daftar-daftar kebutuhan anda tiap bulan dan strok2 belanja anda,buat laporan mini bulanan anda dan bandingkan tiap bulannya,klo udah terlaksana semua Sang Pemboros Dollar pun lambat laun akan menyadarinnya dg tabel perbandin,semua kebutuhan terpenuhi....


 

Hubungi Kami Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting