• Posted by : Maissya Star

    Akun Rill ( akun neraca ) adalah akun yang mencatat perubahan unsur neraca.Akun rill dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu Aktiva,Kewajiban,Ekuitas.

    Aktiva (Assets) adalah semua hak yang dapat digunakan dalam Operasional perusahaan.
    Akiva dapat diklarafikasikan ke dalam beberapa sub kelompok sebagai berikut:

    * KAS (CASH)
    Kas(Cash) adalah uang tunai yang disimpan di brankas atau di kantor ataupun simpanan di bank yang berbentuk giro atau simpanan lain yang dapat diambil setiap saat.

    * Deposito Bank
    Deposito Bank/deposito berjangka (Time deposit) adalah simpanan pada bank yang berbentuk deposite yang dapat diambil pada waktu-waktu tertentu misal : 1 bulan,3 bulan,6 bulan.

    *Surat berharga
    Surat berharga/efek (Marketable securities) adalah saham dan obligasi perusahaan lain yang yang memanfaatkan kelebihan uang kas (idle money)

    *Piutang Usaha (Account Receivable)
    adalah hak untuk menagih kepada pihak lain karena sebelumya perusahaan memberikan pinjaman atau menjual barang atau jasa secara kredit kepada pihak lain.

    Kewajiban ( liability) atau sering kita sebut sebagai hutang adalah kewajiban  yang harus kita bayar karena telah menikmati/menggunakan barang/jasa tersebut sebelumnya serta terdapat jangka waktu pengembaliannya.


    Ekuitas (Modal) adalah seluruh total kekayaan bersih yang kita gunakan sebelum memulai usaha baik itu berupa aktiva tetap ( peralatan kantor,gedung dll) maupun aktiva lancar (kas).

    34 Responses so far.

  • Copyright © - BonekaKu

    BonekaKu - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan