Tugas
Ilmu Alamiah Dasar
Membaca
dan Menulis kembali isi Skripsi
Nama : Siti Maisaroh
NIM :
11-160-0112
Kelas : Akuntansi 2011/D
·
Judul
Skripsi :
Hubungan biaya promosi terhadap peningkatan volume
penjualan pada “PT. SIER PERSERO”
di Rungkut Industri.
·
Permasalahan
:
Bagaimana cara
meningkatkan laba pada perusahaan ?
·
Tujuan
penelitian :
Tujuan Umum :
1)
untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti
program dalam memperoleh gelar sarjana ekonomi akuntansi.
2)
untuk merealisasikan TRI DARMA PERGURUAN TINGGI
terutama dibidang penelitian.
3)
untuk merealisasi teori yang diperoleh di bangku
kuliah dengan kenyataan yang ada dalam perusahaan dengan bentuk kerja karya
ilmiah.
Tujuan Khusus : untuk
mengetahui besarnya hubungan biaya promosi dengan peningkatan volume penjualan pada perusahaan PT. SIER PERSERO
di Rungkut Industri.
·
Manfaat
Skripsi :
Bagi Penulis :
1)
Dapat memperluas dan memperdalam ilmu
pengetahuan yang telah diperoleh di
bangku kuliah selama ini.
2)
Dapat menambah dan memperluas wawasan berfikir
secara ilmiah dan sistematis
Bagi Perusahaan :
1)
Dapat dijadikan sebagai bahan informasi atau
masukan dalam menetapkan kebijakan khususnya dalam pemilihan media promosi yang
tepat serta biaya promosi yang berkaitan dengan peningkatan volume penjualan.
2)
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
masukan dalam meningkatkan volume penjualan yang optimal bagi perusahaan.
·
Objek
penelitian :
Periklanan,promosi penjualan,personal
selling,publisitas,media elektronik dan surat kabar
·
Variabel Penelitian :
Variabel yang
digunakan adalah variabel bebas dan terikat yaitu biaya promosi (variabel
bebas) dan volume penjualan (variabel
terikat).
·
Populasi
dan Sample :
Populasi adalah seluruh subjek penelitian,populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. SIER Rungkut
Industri sejumlah 416
Sample adalah sebagian wakil populasi yang diteliti
dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah data perkembangan penjualan
dan alokasi biaya promosi mulai tahun 2002 sampai tahun 2006.
·
Metode
Pengumpulan Data :
Dalam metode ini penulis memiliki metode pengumpulan
data sebagai berikut :
1.
Metode Dokumentasi adalah teknik pengumpulan
data dari catatan dan dokumen – dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang
dilakukan yaitu:
a)
Gambaran/ sejarah perusahaan PT. SIER PERSERO
b)
Struktur organisasi dan job description
c)
Data tentang biaya promosi dan data penjualan
selama tahun 2002 sampai dengan 2006
2.
Metode wawancara adalah dialog yang dilakukan
oleh penelitian untuk memperoleh informasi mengenai obyek yang diteliti dalam
hal ini peneliti mengadakan wawancara dengan staff perusahaan mengenai gambaran
umum perusahaan dan sejarah singkat perusahaan.penulis menggunakan metode ini
dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai data – data yang berhubungan
dengan perusahaan.
·
Metode
Analisa Data : dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa sbb:
1)
Korelasi product moment.
Untuk mengetahui secara kuantitatif hubungan antara
biaya promosi dan volume penjualan.Koefisien korelasi product moment dihitung
dengan menggunakan rumus sbb:
Rxy = n ∑ x y – (
∑ x ) ( ∑ y)
(
Keterangan:
Rxy : koefiensi korelasi
X : biaya promosi
Y : volume penjualan
N : jumlah tahun dasar yang diteliti
2)
Uji T.
Dipakai untuk mengetahui apakah suatu
hubungan korelasi yang terjadi antara 2 variabel mempunyai hubungan yang
berarti atau tidak.untuk itu perlu diadakan pengertian hipotesis yaitu:
Hu : P : O à
hubungan yang terjadi tidak berarti
H1 : P : O à
hubungan yang terjadi mempunyai arti
Dan
untuk pengujian ini digunakan statistic T dengan rumus
Dimana
:
t : tes signifikan korelasi
r : koefisiensi korelasi
n : jumlah periode
n
- 2 à
tingkat kebebasan
·
Kesimpulan
Dari
data yang diperoleh dan analisa data yang telah dilakukan maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
bahwa promosi memiliki hubungan yang kuat
terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan PT. SIER persero di
Rungkut Industri, bukan secara kebetulan tetapi telah diuji kebenarannya.
Terbukti dengan hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa koefisiensi korelasi
Y dengan variabel X sebesar 0,729 lebih besar r table pada taraf signifikan 5%
n: 5 sebesar 0,5509. Sedangkan dari uji T diperoleh t hitung adalah 1,842 lebih
besar dari t table : 2,02 pada taraf signifikan 5% sedangkan pada taraf
signifikan 1% ternyata t tabel : 3,36 dengan n : 5,maka dapat disimpulkan bahwa
H1 diterima dan Ho ditolak. Ini berarti hipotesis yang berbunyi biaya promosi
memiliki hubungan yang positif peningkatan volume penjualan pada PT. SIER
PERSERO atau dengan kata lain diterima.
0 komentar:
Posting Komentar